INFO KULIAH :TAFSIR DAN HADITS MAUDHUI PENDIDIKAN


MATA KULIAH                   : TAFSIR DAN HADITS MAUDHUI PENDIDIKAN

DOSEN/PEMBIMBING           : 1) Prof. DR. KH. Didin Hafidhuddin, MS

2) DR. H. Ibdalsyah, MA

Deskripsi Mata Kuliah:

Mempelajari berbagai konsep yang ditawarkan Al Qur’an dan Hadits dalam bidang kependidikan dan filsafat Ilmu serta penerapannya dalam dunia pendidikan.

Tujuan Pengajaran :

  1. Mahasiswa memiliki pengetahuan yang mendalam tentang berbagai ayat Al Qur’an dan Hadits serta tafsir keduanya dalam bidang filsafat keilmuan.
  2. Mahasiswa memiliki pengetahuan yang mendalam tentang berbagai Ayat Al Qur’an dan Hadits serta tafsir keduanya dalam bidang kependidikan
  3. Mahasiswa mampu melakukan analisis terhadap konsep keilmuan dan kependidikan yang berlaku saat ini dalam sudut pandang konsep keilmuan dan kependidikan Islam
  4. Mahasiswa mampu merekomendasikan berbagai konsep pendidikan alternative berdasrkan nilai-nilai dan kerangka dasar yang terdapat dalam Al Qur’an dan Hadits :

Motede Pengajaran :

  1. Kuliah tatap muka untuk menjelaskan berbagai pokok bahasan
  2. Presentasi paper/ makalah dan diskusi kelas.

Topik Bahasan:

  1. Ilmu Pengetahuan dalam perspektif AL Qur’an dan hadits (epistimologi, aksiologi, ontologi)
  2. Klasifikasi ilmu pengetahuan dalam Al Quran dan hadits
  3. Sumber-sumber Ilmu Pengetahuan dalam Al Quran dan Hadits
  4. Arah dan tujuan pendidikan Islam dalam Al Quran dan hadits
  5. Methodologi Pendidikan dlam Al Qur’an dan Hadits
  6. Konsep Manusi terdidik (ulil albab) dalam Al Quran dan Hadits
  7. Konsep sanksi dan penghargaan dalam pendidikan Islam
  8. Keluarga sebagai institusi pendidikan
  9. Konsep pendidikan jiwa (nafs) dalam Al Qur’an dan HaHHadits
  10. Konsep akal dan kalbu dalam Al Quran dan Hadits
  11. Konsep tentang integrasi pendidikan (kognitif, afektif, psikomotorik)
  12. Konsep Pendidikan Akhlaq dalam Al Qur’an Dan Hadits
  13. Konsep Pendidikan tauhid/keimanan dalam Al Qur’an dan Hadits
  14. Konsep pendidikan para Nabi (Ibrahim, Rasulullah saw)
  15. Konsep Islamisasi Sains dan kampus
  16. Konsep pendidikan pondok pesantren
  17. Dakwah dan pendidikan
  18. Konsep pendidikan para tokoh nasional (Hamka, M. Natsir, dll)
  19. Konsep dan implementasi pendidikan pada ormas-ormas Islam (NU, Muhammadiyah, PUI, DDII, dsb)

JADWAL DISKUSI MATA KULIAH  TAFSIR DAN HADITS MAUDHUI PENDIDIKAN

Tanggal TOPIK / NAMA Materi Yang dibahas
02 April 2010

1

1. Fardian Alhudri

2. Neneng

Ilmu Pengetahuan dalam perspektif AL Qur’an dan hadits (epistimologi, aksiologi, ontologi)

2

1. Yayah

2. W. Chairul Anwar

Klasifikasi ilmu pengetahuan dalam Al Quran dan hadits

3

1. Tri Cahyawati

2. Roi Widyastusti

Sumber-sumber Ilmu Pengetahuan dalam Al Quran dan Hadits

4

1. Rizal Dalil

2. Rina Herlina

Arah dan tujuan pendidikan Islam dalam Al Quran dan hadits
16 April 2010

5

1. Rahmawati

2. Nani Junaini

Methodologi Pendidikan dlam Al Qur’an dan Hadits

6

1. M. Fathoni

2. Mansur

Konsep Manusi terdidik (ulil albab) dalam Al Quran dan Hadits

7

1. M. Sudrajat

2. Linda Herdis

Konsep sanksi dan penghargaan dalam pendidikan Islam

8

1. Jajang Badruzaman

2. Fikry Ardiansyah

Keluarga sebagai institusi pendidikan
30 April 2010

9

1. Fauzi Rijal

2. Elah K

Konsep pendidikan jiwa (nafs) dalam Al Qur’an dan HaHHadits

10

1. Edi Suwanto

2. Deswati

Konsep akal dan kalbu dalam Al Quran dan Hadits

11

1. Dede Mahfudh

2. Dayat

Konsep tentang integrasi pendidikan (kognitif, afektif, psikomotorik)

12

1. Asep Nuryana

2. Apip Radiana

Konsep Pendidikan Akhlaq dalam Al Qur’an Dan Hadits
14 Mei 2010

13

1. Ahmad Khatib

2. A. Farhan Syaddad

Konsep Pendidikan tauhid/keimanan dalam Al Qur’an dan Hadits

14

1. Agus Salim

2. Agus Kosasih

Konsep pendidikan para Nabi (Ibrahim, Rasulullah saw)

15

1. Sholahudin

2. Sama Samsudin

Konsep Islamisasi Sains dan kampus

16

1. Rakhmi Ifada

2. Ninik Nikmatun R.

Konsep pendidikan pondok pesantren
28 Mei 2010

17

1. Muzhir Ihsan

2. M. Yusuf

Dakwah dan pendidikan

18

1. M. Fahri

2. Kalsum

3. Irma Nurul

Konsep pendidikan para tokoh nasional (Hamka, M. Natsir, dll)

19

1. Euis Susilawati

2. Babay Pujiyati

3. Agustini Diah

Konsep dan implementasi pendidikan pada ormas-ormas Islam (NU, Muhammadiyah, PUI, DDII, dsb)

About mpiuika

ilmu tuntut dunya siar

Posted on 22 Maret 2010, in INFO KULIAH and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. bagi infonya donk kuliah S2 di UIK..

  2. makacih pak ketu…..jazakumullah khoiron katsira fiddaroin……, temen2 kapan nih mau ke la tansa cipanas lebak banten ? atau buka dulu alamat nih http://www.pesantren_latansa.ssch.id sebelumnye…..

  3. great…thanks my lovely old brother!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: